Bromo Tengger Semeru National Park

Bromo Tengger Semeru National Park. jika anda sedang merencanakan liburan ke jawa timur indonesia, tidak salah jika anda membuat schedule itinerary ke taman nasional bromo tengger semeru atau biasa disingkat dengan TNBTS. wisata gunung bromo (mount) merupakan salah satu tempat dan obyek wisata terkenal yang ada di pulau jawa bukan hanya untuk wisatawan lokal tapi juga mancanegara. banyak yang menarik dari tengger bromo mountain dan wisata disekitarnya seperti melihat indahnya sunrise (dari munculnya fajar shodiq sampai matahari terbit), mendaki gunung bromo, menyusuri pasir berbisik serta hijaunya pemandangan savana atau ada yang menyebut bukit teletubbies.

Bromo Tengger Semeru National Park yang terletak di kabupaten pasuruan, malang, lumajang dan probolinggo ini mempunyai luas sekitar 50.276 ha. wisata bromo dan sekitarnya ditetapkan pada tahun 1982 menjadi taman nasional bromo tengger semeru oleh menteri pertanian saat itu. perlu diketahui bagi siapa saja yang ingin wisata bromo backpacker bahwa temperatur udara (weather) di wilayah ini mencapai 3 - 20 derajat celsius, sangat dingin bagi kita yang terbiasa di wilayah surabaya, jakarta atau wilayah cuaca panas. namun jangan khawatir terdapat hotel atau penginapan bromo yang memberikan kamar mandi dengan air panas untuk menghangatkan badan setelah seharian menelusuri rute bromo (route).

mohon maaf saat ini tidak sedang membahas tentang taman nasional baluran, bunaken, gunung gede pangrango, ujung kulon, meru betiri, bali barat, alas purwo atau way kambas. juga tidak sedang menjelaskan secara detail mengenai bromo tengger semeru ultra 2015, marathon, cottage, permai, view hotel, surya indah homestay, seltzer, chemistry, drink, dragonfly, elemento, mnctv, facts, ijen, tripadvisor, trail, org, run. akan tetapi sekarang akan membicarakan seputar Bromo Tengger Semeru National Park yang merupakan tempat wisata yang sangat eksotis dikelilingi oleh lautan pasir seluas 5.250 hektar dan berada di ketinggian 2100 meter diatas permukaan laut.

bagi yang tahu sejarah bromo pasti mengetahui bahwa gunung bromo yang termasuk dalam kawasan Bromo Tengger Semeru National Park merupakan gunung berapi yang masih aktif sampai saat ini sehingga sewaktu-waktu dapat mengeluarkan asap letusan yang dapat membahayakan daerah di sekitarnya. mount bromo yang mempunyai lingkar tengah dengan panjang 600 - 800 meter ini, letusannya dapat membahayakan wilayah dengan radius 4 km dari titik pusat kawah bromo mountain. namun jangan risau karena dengan adanya alat modern saat ini terjadinya letusan gunung berapi di tempat wisata bromo dapat dideteksi sebelumnya dan ada larangan serta himbauan jika akan ada bahaya nantinya.

Bromo Tengger Semeru National Park

jika anda ingin rekreasi ke Bromo Tengger Semeru National Park bersama rombongan, anda dapat menggunakan paket wisata bromo tour yang banyak ditawarkan di sekitar stasiun probolinggo. disana terdapat harga paket wisata bromo murah sampai yang mahal menggunakan hotel dan lain sebagainya. biaya wisata bromo bervariasi tergantung fasilitas dan tawar-menawar seperti paket wisata bromo 2 hari 1 malam dengan itinerary penjemputan terminal banyuangga probolinggo dan menikmati pemandangan gunung bromo siang hari sampai malam menginap di hotel atau penginapan. kemudian esok harinya jam 1 atau 2 dini hari menikmati panorama indah matahari terbit (sunrise) di gunung penanjakan 1 sampai pagi. jangan khawatir anda dapat menunaikan sholat shubuh karena tersedia tempat sholat di sebelah point view ini.

Tempat Wisata Bromo

wisata bromo dan sekitarnya yang dapat dijadikan obyek tujuan rekreasi antara lain gunung bromo, pemandangan matahari terbit (sunrise), lautan pasir berbisik dan padang rumput savana atau biasa disebut bukit teletubbies.

Wisata Gunung Bromo (Bromo Mountain)
wisata ini merupakan obyek tujuan utama di kawasan Bromo Tengger Semeru National Park. nikmati pemandangan indah dari puncak bromo setelah beberapa saat diterpa penat dan capek, terbayar sudah. bagi yang tidak kuat bau belerang lebih baik berhati-hati karena di puncak bromo sangat terasa bau belerang. ketika anda berada di lautan pasir atau tempat pemberhentian mobil hartop, untuk menuju ke puncak gunung bromo anda dapat menyewa transportasi kuda untuk menuju tangga gunung bromo dengan tarif Rp 50.000 sekali jalan dan Rp 100.000 untuk pulang-pergi. semua harga diatas dapat ditawar sesuai dengan kesepakatan yang ada. selain itu anda dapat berjalan kaki menyusuri jalan pasir selama 30 menit untuk sampai kawah bromo melewati tangga yang telah disediakan. tips untuk pejalan kaki, cari jalan yang tidak dilalui kuda karena lebih padat sehingga lebih mudah untuk berjalan kaki.  lihat video Pemandangan Tangga Gunung Bromo. lihat juga video puluhan mobil Hardtop 4x4 di lautan pasir bromo.
Cara Ke Bromo dari Malang
Pemandangan Kawah dari Puncak Bromo
Cara Ke Bromo dari Surabaya
Penyewaan Kuda di Lautan Pasir
Cara Ke Bromo dari Surabaya
Penjual Souvenir T-Shirt di Lautan Pasir
Cara Ke Bromo dari Probolinggo
Toilet di Lautan Pasir
Cara Ke Bromo dari Probolinggo
Pemandangan Gunung Batok
Cara Ke Bromo dari Probolinggo
Suasana Tangga Mendaki Gunung Bromo
Cara Ke Bromo dari Probolinggo
Pemandangan dari Puncak Gunung Bromo
Wisata Bromo Sunrise
melihat pemandangan indahnya panorama terbitnya fajar shodiq sampai terbitnya matahari merupakan pengalaman yang berharga tentang luar biasa keindahan ciptaan Allah SWT di Bromo Tengger Semeru National Park. suasana point view di puncak gunung penanjakan yang berada 2700 m diatas permukaan laut ini sangat padat dan ramai terutama pada akhir pekan atau hari libur. jika anda datang pada jam 4 pagi di lokasi point view penanjakan maka dapat dipastikan anda tidak dapat tempat duduk karena lautan manusia sudah menunggu terbitnya matahari disana. berangkat jam 1 atau 2 dini hari dari hotel atau penginapan bromo merupakan alternatif untuk mendapatkan posisi angle yang pas saat sunrise.

jangan khawatir anda dapat menunaikan sholat shubuh berjamah di samping point view. usahakan untuk pergi ke toilet saat berada di kantor perum perhutani karena antriannya tidak sebanyak ketika berada di toilet point view, bisa menunggu antri sampai 15 menit. pastikan anda memakai pakaian rangkap dan jaket, penutup kepala, kaos tangan dan slayer karena suhu udara di penanjakan 1 sangat dingin. namun suasana kembali hangat setelah matahari menyapa bumi sekitar kawasan Bromo Tengger Semeru National Park.
Cara Ke Bromo dari Malang
Tempat berburu Sunrise di Penanjakan
Cara Ke Bromo dari Malang
Sholat Shubuh di Penanjakan
Cara Ke Bromo dari Malang
Gapura Penanjakan
Wisata Pasir Berbisik
pemandangan lautan pasir dengan perpaduan suara angin menjadi suguhan yang sangat indah di lautan pasir berbisik kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. butir pasir yang sangat berbeda menjadi daya tarik tersendiri dalam menyusuri lautan pasir yang luas ini di tengah bukit yang mengelilinginya. Film Bromo pemandangan sekitar pasir berbisik silahkan klik https://www.youtube.com/watch?v=mNn7AHorpyw.
Cara Ke Bromo dari Surabaya
Papan Pasir Berbisik
Cara Ke Bromo dari Surabaya
Jernihnya Pasir Berbisik
Wisata Savana
Wisata Savana sering disebut juga dengan bukit teletubbies karena menyuguhkan pemandangan hijau nan indah laksana taman bermain boneka besar teletubbies di serial TV. 
Cara Ke Bromo dari Malang
Bukit Savana Bromo
Cara Ke Bromo dari Surabaya
Warung Penunda Lapar di Bukit Teletubbies

Cara ke Bromo dari Probolinggo

rute bromo dari probolinggo dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum seperti ELF, BISON, COLT yang dapat ditemui di terminal banyuangga proling (sebutan lain probolinggo) menuju desa Cemoro Lawang. usahakan tiba di terminal tidak lebih dari jam 4 siang menjelang sore karena jika lebih dari itu kendaraan menuju tempat wisata bromo sulit ditemui. kalaupun ada biasanya mengenakan biaya 2x lipat dari harga normal melewati rute Bromo Tengger Semeru National Park. tarif perjalanan ini Rp 25.000 sampai Rp 30.000 per orang dengan menempuh perjalanan selama 2 jam. perlu diketahui mobil sewa ini biasanya akan berangkat jika sudah penuh yaitu minimal 12 orang.

setelah berada di Cemoro Lawang anda dapat menyewa penginapan bromo atau hotel terdekat dengan harga yang bervariasi sesuai dengan fasilitas yang disediakan. untuk harga penginapan bromo mulai dari Rp 100.000 per malam dan untuk tarif sewa hotel semalam kurang lebih Rp 650.000. dari cemoro lawang menuju tempat wisata bromo anda dapat memilih transportasi yang sesuai dengan keinginan anda. kendaraan yang disewakan disana ada hartop 4x4 dan motor ojek. paket hartop (jeep) bermacam-macam tergantung tujuan wisata jika perjalanan 4 lokasi di Bromo Tengger Semeru National Park yaitu gunung bromo, penanjakan, pasir berbisik dan savana maka harga per mobil Rp 600.000 dan jika 2 obyek wisata saja gunung bromo dan penanjakan 1 maka harganya Rp 400.000 tiap mobil. adapun untuk sewa motor ojek dengan rute Bromo Tengger Semeru National Park ke 2 lokasi penanjakan dan mount bromo sebesar Rp 125.000 per motor.

Cara ke Bromo dari Surabaya

Rute bromo dari surabaya ada beberapa alternatif. anda dapat menuju probolinggo dengan menggunakan BUS, KERETA API, mobil atau motor. namun pada kesempatan kali ini akan dijelaskan cara ke bromo dari surabaya menggunakan bis. jika anda dari luar kota menggunakan pesawat, maka anda dapat naik bis damri menuju terminal bungurasih atau purabaya dengan tarif Rp 20.000 selama 1 jam. kemudian dari terminal bungurasih anda naik bis jurusan jember atau banyuwangi dan turun di stasiun probolinggo dengan biaya Rp 50.000 selama 2 jam perjalanan. setelah itu ikuti cara ke Bromo Tengger Semeru National Park dari probolinggo sebelumnya.

Cara ke Bromo dari Malang

rute bromo dari malang ada beberapa alternatif rute perjalanan diantaranya rute bromo lewat tumpang, lewat nongkojajar atau dari probolinggo. namun saat ini akan dijelaskan cara menuju bromo dari malang melalui probolinggo menggunakan bis. jika anda berada di terminal arjosari malang silahkan naik bis jurusan probolinggo dan turun di terminal banyuangga dengan tarif Rp 20.000 selama 2,5 jam perjalanan. adapun jika anda berada di kota jakarta, solo, semarang, bali, bandung, yogyakarta (jogja), mojokerto, kediri, madiun, blitar atau wilayah lainnya, anda dapat mencapai bromo dengan menuju surabaya atau malang terlebih dahulu. setelah itu anda dapat meneruskan perjalanan ke probolinggo menuju Bromo Tengger Semeru National Park dengan transportasi yang tersedia.

demikian artikel tentang Cara ke Bromo dari Surabaya, malang dan probolinggo dan baca juga Cara Cek Tagihan Listrik Online. selamat berlibur !

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Bromo Tengger Semeru National Park"

  1. lengkap sekali mas infonya, memudahkan siapa saja yang mau berkunjung ke sana. Saya jadi ingat pas kesan, dingiiinnn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mas, temperaturnya bisa sampai 3 derajat.
      makasih dah mampir

      Hapus