Wisata Pulau Sempu Malang Ditutup ?


Wisata Pulau Sempu Malang ditutup ?. pulau sempu merupakan pantai yang terkenal di jawa timur terutama daerah malang. pantai yang sangat indah dengan segara anakan menjadi iconnya. bagi teman-teman yang pernah melihat film the beach (2000) yang berlatar belakang pemandangan pantai phi phi di thailand, mengundang decak kagum para turis untuk mengunjungi pulau phi phi. bagi teman-teman di indonesia tidak perlu ke thailand untuk melihat keindahan pulau phi phi. banyak orang yang mengatakan pulau sempu malang dengan pantai segara anakan mirip dengan pulau yang menjadi primadona di thailand tersebut.

wisata pulau sempu malang dengan segara anakan merupakan tempat yang sangat cocok untuk berenang. laiknya sebuah danau dengan air yang tenang dikelilingi oleh tebing-tebing terjal. sebenarnya segara anakan merupakan pantai laut selatan atau samudera hindia namun karena dikelilingi oleh tebing yang tinggi dan terjal sehingga ombak laut selatan hanya melewati lubang-lubang kecil pada tebing terjal yang mengelilingi segara anakan di pulau sempu trip.

pemandangan dari atas tebing terjal dan curam juga tidak kalah indahnya dengan segara anakan di wisata pulau sempu malang ini. hamparan ombak dan pemandangan laut pantai selatan atau samudera hindia terlihat indah tanpa dihalangi oleh apapun. tidak hanya ombak dan pemandangan landscape yang indah, kita juga disuguhi pemandangan ikan lumba-lumba khas samudera hindia yang melengkapi indahnya pemandangan di pulau sempu layaknya potogan photos. namun diatas tebing dipasang bendera merah berarti tanda bahaya, lebih baik dihindari kecuali memang mempunyai pengalaman hebat tentang mendaki bukit terjal dan curam.

Wisata Pulau Sempu Malang 2014
view segara anakan

wisata pulau sempu malang merupakan cagar budaya dibawah balai konservasi sumber daya alam (BKSDA) provinsi jawa timur. pulau sempu terletak di desa tambakrejo kecamatan sumbermanjing wetan kabupaten malang, jawa timur. segara anakan yang merupakan daya tarik utama di pulau sempu berjarak kurang lebih 2,5 km arah selatan pulau sempu yang dikelilingi hutan tropis yang lebat.

wisata pulau sempu malang merupakan salah satu obyek wisata yang tidak boleh dilewatkan jika anda mampir ke malang atau daerah sekitar malang. selain wisata gunung bromo, pulau sempu tour merupakan tempat yang paling diminati untuk mengisi liburan panjang dan weekend. namun ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan mengingat perjalanan ke pulau sempu juga sangat menguras tenaga.
Wisata Pulau Sempu Malang Tour and Trip
camping di segara anakan

Persiapan Wisata Pulau Sempu Malang bagi Backpacker

apa saja persiapan yang harus diperhatikan, diantaranya :
1. pakaian yang enak untuk gerak dan menutupi hampir seluruh tubuh. mengingat perjalanan melintasi hutan tropis yang lebat dan penuh onak dan duri.
2. handuk, baju ganti dan kantong platik buat sampah. ini penting.
3. senter, jika kemalaman waktu pulang.
4. air minum, minimal 1,5 liter tiap orang.
5. camilan, ini juga penting hehe.
6. powerbank, yang paling penting sisakan batterai untuk sms pak nelayan untuk menjemput pulang.
7. kamera, hukumnya wajib.
8. balsem. plester dan lotion anti nyamuk.
9. tenda, jika tidak punya bisa sewa di sendang biru.
10. garam untuk menjaga tenda dari binatang melata.
11. pisau.
12. mie instan yang banyak.
13. korek api dan kompor portable.
14. perlengkapan mandi.

Rute Perjalanan Wisata Pulau Sempu Malang

1. jika dari kota malang ke pantai sendang biru dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 3 jam. lebih baik lagi jika berangkat habis shubuh sehingga tiba di sendang biru pagi hari, untuk menikmati indahnya pantai sendang biru.
2. kemudian dilanjutkan dengan menyeberang selat dengan perahu motor yang memakan waktu 15 menit untuk sampai ke pulau sempu, tepatnya teluk semut (ant bay). anda dapat juga menyewa pulau sempu travel guide jika diantara teman-teman anda tidak ada yang pernah ke pulau sempu sebelumnya. pulau sempu travel guide dapat ditemukan di sendang biru.
3. setelah itu jalan kaki selama 2 jam perjalanan untuk menuju segara anakan. jangan lupa untuk lapor ke BKSDA resort pulau sempu, jika tidak maka para nelayan tidak mau mengantarkan kita kek pulau sempu. juga jangan lupa untuk minta nomor pak nelayan untuk menjemput ketika kita pulang nanti. usahakan untuk pulang tidak lebih dari jam 3 sore agar mudah mencari angkot pulang kecuali membawa mobil sendiri.
Wisata Pulau Sempu Malang Map
pemandangan samudera hindia

Peta Trekking Wisata Pulau Sempu Malang

peta pulau sempu (map) trekking di pulau sempu 2014 sebenarnya ada 2 jalur yaitu jalur timur dan jalur barat. jalur barat adalah jalur yang biasa dipakai oleh semua orang untuk menuju ke segara anakan sangat cocok bagi pulau sempu tour and trip. adapun jalur timur adalah jalur yang menantang dan sangat cocok bagi pecinta alam dan backpacker. jalur timur mamakan waktu jauh lebih lama bahkan 3-4 kali lipat daripada jalur barat. namun hal itu dibayar dengan indahnya pemandangan pantai waru-waru, telaga lele, telaga sat, pantai kura-kura, pantai pasir panjang, pantai kembar 1 dan 2.
Wisata Pulau Sempu Malang Travel Guide
pulau sempu

Wisata Pulau Sempu Malang akan ditutup ?

ada yang bilang wisata pulau sempu malang akan ditutup, mengingat semakin banyak backpacker dan traveller yang datang berbading lurus dengan banyaknya sampah yang berserakan di pulau sempu 2014 walaupun tidak ada penginapan di pulau sempu. hal sangat wajar jika pulau sempu ditutup mengingat kurang tanggung jawab manusia yang kesana. tidak hanya kawasan segara anakan yang terlihat sampah namun juga jalur trekking juga. terlepas apakah pulau sempu akan ditutup atau tidak, bagi teman-teman yang akan ke pulau sempu, jangan membuang sampah sembarangan dan biasakan anda membawa kembali apa yang anda bawa ke pulau sempu. jangan sampai meninggalkan apapun disana. atau anda tidak perlu kesana!
Wisata Pulau Sempu Malang Ditutup
rame di pulau sempu

Paket Pulau Sempu Tour and Trip 2014

bagi anda yang ingin paket pulau sempu tour and trip 2014, harga paket ke pulau sempu backpacker atau traveller biasanya selama 3 hari dan 2 malam dengan biaya sebesar minimal Rp 814.000 dengan hotel kelas ekonomi dan maksimal Rp 4.721.000 dengan hotel kelas platinum.

demikian artikel cara ke pulau sempu malang dan baca juga Cara Ke Sentosa Island. selamat berlibur! 
tulisan disarikan dari : indonesia.travel, kampungbenar.wordpress.com, malangholiday.wordpress.com.
sumber foto : tanpakendali.com, justenote.wordpress.com.

Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Wisata Pulau Sempu Malang Ditutup ?"

  1. saya dari jakarta - malang - sempu - malang - batu - jakarta hanya abis 400 ribu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung nginepnya bro.... klo liat rute kayaknya pake mobil sendiri atau numpang mobil orang hehe.... thanks dah berkunjung bro

      Hapus
  2. 400 rb buat beli BBM saja kurang.. hahaha

    BalasHapus
  3. Aq dr jakarta pp 110 kereta .. trus mpe malang sewa motor 2 hari 100 rebu . Motor ditinggal di sendang biru . Trus udah deh logistik seperlunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemana2 backpacker memang murah. met jalan2 aja gan

      Hapus
  4. Mau tanya , pulau sempu itu masih dibuka untuk wisata umum atau tidak ya ? Kira kira kalo dari jakarta budgetnya berapa ya , matur suwun mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu hafizah bisa eksis dengan Rp 300.000 dari jakarta
      ayo jangan mau kalah :) terima kasih sudah mampir

      Hapus
  5. Bro , ane tgl 26 mau kesana , ada refrensi guider atau kapal ngk?
    Info ke WA ane dong 081284015589
    tqu

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak perlu khawatir Bro, di sendang biru banyak
      guide + kapal yang bisa disewa. kalau sedikit
      mending gabung dengan kelompok lain jadi jatuhnya
      lebih murah.

      Hapus
  6. Mau tanya dong pulau sempu masih dibuka untuk umum? Rencananya dari bandung mei ane mau kesana gan. Mohon infonya yaa wa k 081220029913

    BalasHapus
  7. bisa minta nomer hp pemilik perahu ato porter sempu? rencana november kesana..mksi

    BalasHapus
  8. Kok artikel artikel ini kayaknya mendukung wisata sempu ya... Mohon sempu adalah cagar alam🙏.

    BalasHapus