Wisata Gunung Kelud Kediri

Wisata Gunung Kelud Kediri. pada kesempatan kali sekarang ini akan dijelaskan tentang hal yang berkaitan dengan cerita mount kelud pasca erupsi yang terjadi sekitar 2 tahun lalu yang menimbun goa atau terowongan lahar yang menjadi jalan menuju anak gunung kelud. tidak hanya itu saja, wisata gunung kelud setelah meletus juga tidak dijumpai sungai air panas yang berada di sebelah kanan terowongan karena tertimpa aliran lahar panas dari muntahan lava pijar. jika anda pernah ke rekreasi menikmati indahnya pemandangan puncak sumbing, gedang, gajah mungkur dan kelud melalui menara pandang maka sekarang tahun 2015 atau 2016 obyek itu pun sudah tidak ada lagi karena terkena hujan abu vulkanik ketika letusan gunung kelud tahun 2014 yang lalu. dan dengan jarak 3 km dari atas sudah ditutup kecuali mendaki dari jalan pendakian yang hanya dapat dilalui dengan jalan kaki saja. sebelum itu akan diceritakan sekilas tentang artikel yang lalu yaitu tempat rekreasi sekaligus obyek liburan area pegunungan di daerah jawa timur yaitu wana wisata padusan. pemandian air panas ini sekaligus juga kolam renang air dingin untuk orang dewasa dan anak-anak yang sangat terkenal di kecamatan pacet dan mojokerto bahkan banyak juga pengunjung dari luar kota seperti surabaya, malang atau pasuruan. info lebih lengkap silahkan baca Wisata Air Panas Padusan Pacet Mojokerto.

Wisata Gunung Kelud Kediri terletak di antara 2 wilayah kabupaten yaitu kediri dan blitar atau tepatnya berada di desa sugiwaras kecamatan ngantar kabupaten kediri. gunung berapi yang memiliki tinggi 1731 mdpl berjarak sekitar 27 km dari kota yang terkenal dengan tahu takwa tersebut. gunung kelud merupakan salah satu obyek wisata gunung merapi yang ada di provinsi jawa timur. ada beberapa mount vulkanik yang ada di propinsi jawa bagian timur ini yaitu raung bondowoso, semeru lumajang, bromo probolinggo, ijen banyuwangi, penanggungan, gunung arjuno dan welirang, lawu serta baluran. jika anda ingin menghabiskan liburan akhir pekan dapat mengunjungi kawasan obyek wisata pegunungan ini dengan hanya membayar harga tiket masuk Wisata Gunung Kelud setelah meletus sebesar Rp 5000 untuk satu orang pada hari biasa dan 10.000 rupiah ketika hari libur sabtu minggu atau hari libur nasional dna hari raya idul fitri. dan jika masih ada waktu, anda dapat mengunjungi tempat rekreasi yang menarik lainnya di kota yang terkenal dengan kampung inggris tersebut. diantara tempat obyek wisata yang wajib dikunjungi di kota terbesar ke 3 di jawa timur setelah surabaya dan malang ini antara lain : monumen simpang lima gumul, air terjun dolo, kolam renang gumul paradise island serta sumber ubalan.

mohon maaf pada kesempatan kali ini tidak sedang membahas tentang hal yang bersinggungan dengan wisata gunung bromo, kidul, pancar, merapi, galunggung, mas, krakatau, dieng, salak, semeru, rinjani, kemukus, kawi, prau, papandayan, merbabu atau gunung tertinggi di indonesia. tidak juga sedang membahas mengenai gunung kelud offset, misteri, cerita rakyat legenda, video atau sejarah detail gunung kelud. tapi artikel ini menceritakan tentang pengalaman mengunjungi Wisata Gunung Kelud Kediri setelah meletus pada tahun 2014 yang lalu. pemandangan gunung kelud pasca erupsi berbeda dengan sekarang 2015 atau setelah 2 tahun. jika saat itu banyak tumbuhan kering dan hanya meninggalkan batang dan ranting sekarang banyak pohon yang tumbuh kembali dan pemandangan terlihat hijau dedaunan hutan di sekitar kawasan gunung yang mempunyai 4 puncak ini. banyak yang berubah dari tempat rekreasi ini seperti menara pandang di puncak gajah mungkur, terowongan, aliran air panas dan lainnya. namun yang tidak berubah adalah jalan misterius gunung kelud. jika anda berkunjung ke obyek wisata ini maka anda akan menjumpai jalan misteri sepanjang 100 meter yang terletak sekitar 4 km menuju gunung kelud. kejadian alam jalan aspal ini seperti jabal magnet (magnetic hill) di madinah yang dapat menjalankan atau menarik mobil dalam keadaan hidup dan posisi gigi nol atau netral meskipun kondisi agak menanjak seperti di ruas jalan menuju wisata kelud ini.
Sejarah Gunung Kelud Blitar
puncak sumbing dari kejauhan

Wisata Gunung Kelud Kediri

fenomena yang sangat menarik di Wisata Gunung Kelud Kediri dan berbatasan dengan blitar ini adalah munculnya kubah lava yang berasal dari danau kawah uang dulu berwarna hijau yang kemudian menjadi gundukan magma atau lahar secara perlahan-lahan meninggi. sekarang kubah erupsi tersebut disebut anak gunung kelud yang muncul sekitar bulan november tahun 2007. jika anda ingin menyaksikan detik-detik sejarah dan cerita anak gunung kelud dalam bentuk video silahkan mengunjungi gedung teater dan musium gunung kelud yang terletak dekat dengan pintu gerbang sekaligus tempat pembelian tiket masuk ke gunung kelud. harga tiket masuk atau HTM untuk melihat perjalanan kubah lava sebesar Rp 6000 per orang untuk hari biasa atau 10.000 rupiah ketika hari libur sabtu dan minggu. video munculnya anak gunung kelud tersebut berlangsung dengan durasi kurang lebih 30 menit dari awal sampai akhir cerita. 
Sejarah Gunung Kelud Blitar
jalan kaki menuju gunung
Sejarah Gunung Kelud Blitar
gunung kelud mulai hijau
Sejarah Gunung Kelud Blitar
sisi lain panorama gunung kelud
Sejarah Gunung Kelud Blitar
photo beberapa area belum ada pohon
Rute Wisata Gunung Kelud Kediri, anda dapat melewati daerah pesantren - wates - ngancar - desa sugihwaras - gunung kelud. meskipun anda tidak bisa mengunjungi puncak kawah gunung kelud karena ditutup tapi anda masih dapat menikmati indahnya kawasan gunung kelud yang mulai menghijau setelah meletus pada 14 februari 2014 atau 2 tahun yang lalu. gunung kelud saat ini mulai bersemi kembali pasca erupsi. anda dapat mengunjungi tempat wisata gunung kelud dengan mobil pribadi menuju tempat parkir dan dapat dilanjutkan dengan jalan kaki atau menggunakan jasa ojek sepeda motor untuk melanjutkan perjalanan sampai titik tertentu dengan harga sewa bervariasi mulai dari RP 10.000 sampai 25.000 sesuai dengan jarak yang ditempuh. jasa ojek merupakan alternatif alat transportasi ketika badan sudah letih.
harga tiket masuk (HTM)
karcis kendaraan kawasan wisata
demikian artikel tentang Wisata Gunung Kelud Kediri dan baca juga artikel Apakah Sah Puasa Jika Belum Mandi Wajib. selamat berlibur!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Wisata Gunung Kelud Kediri"