Senin, 05 Oktober 2015

  • Benteng Van Der Wijck Gombong Kebumen

    Benteng Van Der Wijck Gombong Kebumen. pada kesempatan kali ini akan dibahas hal yang berkenaan dengan sejarah fort yang ada di jawa tengah. benteng van der wijk merupakan bangunan berbentuk segi delapan (octagonal) satu-satunya yang ada di indonesia. cagar budaya yang berwarna merah mencolok ini dilengkapi dengan berbagai wahana wisata keluarga juga hotel, water park, area bermain anak, terapi ikan, kincir raksasa, bom bom car dll. namun sebelum itu akan dijelaskan sekilas terlebih dahulu tentang artikel sebelumnya mengenai obech arung jeram. jika anda berencana untuk liburan menantang dan seru akhir pekan ini, ada baiknya jika anda mencoba rafting yang merupakan olahraga menyusuri derasnya aliran air di sungai dengan menggunakan perahu karet, pelampung, helm dan dayung serta didampingi oleh pemandu. info lebih lengkap baca OBECH Rafting Pacet Mojokerto.

    sekarang akan diterangkan mengenai Sejarah Benteng Van Der Wijck Gombong Kebumen jawa tengah yang dibangun pada tahun 1844 selama 4 tahun sampai tahun 1848. alamat benteng van der wijk terletak di jalan sapta marga desa sedayu kecamatan gombong, kabupaten kebumen, provinsi jawa tengah. cagar budaya yang berwarna merah mencolok ini cukup mudah untuk ditemukan karena dekat dengan jalan raya kebumen yogyakarta atau sekitar 300 meter. dengan adanya papan raksasa yang menunjukkan lokasi benteng van der wijck tepat di tepi jalan raya jalur pantai selatan ini. selain tempat bersejarah benteng yang dulunya bernama fort cochius ini ada beberapa tempat wisata lain di sekitarnya yaitu waduk sempor, gua jatijajar, waduk wadaslintang dan pantai logending.

    mohon maaf kali ini tulisan ini tidak sedang membahas hal yang berkenaan dengan misteri benteng vredeburg, takeshi, hidupku lirik chord, rotterdam, pendem ngawi, kuto besak, sinonim, fort de kock, marlboroough, zou, 3296, resort, den bosch, capellen, der burg. dan tidak juga akan menjelaskan kapal van der wijck seperti pada film tenggelamnya kapal tersebut yang juga diadopsi dari novel dengan judul yang sama. namun saat ini akan dikemukakan mengenai Sejarah Benteng Van Der Wijck Gombong Kebumen dan hal-hal yang berkaitan dengan wisata keluarga karena sekarang cagar wisata ini tidak hanya untuk wisata sejarah namun juga cocok untuk rekreasi keluarga dengan menyuguhkan aneka wahana permainan anak. selain itu ada juga water park atau kolam renang anak dan dewasa, kampoeng kuliner yang dapat dicoba jika sedang lapar. ada juga tank dan meriam tepat di depan pintu barat benteng van der wijck yang bisa digunakan untuk pengetahuan alutsista.
    Benteng Van Der Wijk Gombong
    pintu barat

    Benteng Van Der Wijck Gombong Kebumen

    Benteng Van Der Wijk merupakan benteng pertahanan peninggalan hindia belanda yang dipugar dan diresmikan pada tanggal 5 oktober 2000 oleh kepala staf TNI angkatan darat Tyasno Sudarto. tentang struktur bangunan, benteng ini terdiri dari 2 lantai yaitu atas dan bawah. luas lantai atas atau bawah dari bangunan ini adalah 3606,625 m2 dengan tebal dinding 1,4 m dan mempunyai ketinggian 9.67 m dari tanah serta ditambah cerobong 3,3 meter. adapun lantai bawah Benteng Van Der Wijck Gombong Kebumen memiliki 4 pintu masuk utama dan 16 kamar besar dengan panjang 18 x 6,5 m serta 27 kamar lain dengan beragam ukuran dan total jendela sebanyak 72 buah. dari lantai bawah ke lantai atas dihubungkan dengan anak tangga yang berjumlah 8 buah dan 2 tangga darurat. sedangkan lantai atas terdapat 16 kamar besar dengan ukuran sama dengan lantai bawah ditambah 25 kamar lain yang bervariasi ukurannya dengan total ada 84 jendela. dilengkapi dengan 4 tangga yang menuju ke atap benteng. untuk pintu ada 2 macam pintu utama dan kamar.
    Benteng Van Der Wijk Gombong
    gerbang benteng
    Benteng Van Der Wijk Gombong
    tank depan benteng
    Benteng Van Der Wijk Gombong
    sisi sebelah barat
    Benteng Van Der Wijk Gombong
    penampakan sisi dalam
    Benteng Van Der Wijk Gombong
    pintu penghubung antar kamar
    Benteng Van Der Wijk Gombong
    lorong anak tangga ke atap benteng

    Sejarah Benteng Van Der Wijck Gombong

    pada abad ke 18 atau tapatnya tahun 1844 dibangun sebuah benteng pertahanan belanda di gombong dalam rangkan persiapan ada perang melawan kesultanan yogyakarta. benteng van der wijk dibangun pada tahun 1844 selama 4 tahun dan selesai pada tahun 1848. kemudian benteng ini diberi nama fort cochius yang disematkan dari nama jenderal frans david cochius yaitu komandan perang di hindia belanda yang memimpin pasukan dalam perang melawan diponegoro tahun 1825 - 1830. puluhan tahun setelah itu benteng cochius berubah nama menjadi fort van der wijck untuk mengenang dan penghormatan kepada komandan van der wijck atas kepemimpinannya dalam perang untuk pemerintah hindia belanda.

    Benteng Van Der Wijck Gombong Kebumen dibangun oleh corp. zeni belanda dengan mengerahkan 1400 buruh yang mayoritas diambil dari bagelen dan banyumas dengan diatur oleh pengawas. para buruh dibayar dengan 15 sen per hari sementara pada pengawas digaji 1 florin untuk tiap harinya. perlu diketahui ada beberapa nama yang terpampang di atas pintu masuk benteng van der wijk gombong yaitu f.a. kortz, a.r. dibbetz (ibu f.d. cochius), l.j.l.t. van gorkum (kapten infanteri), l.h. deeleman dan k.f.w. bouwensch keduanya merupakan pejabat militer pada masa cochius.  

    Cerita Benteng Van Der Wijck. sebagaimana dituturkan sebelumnya bahwa Benteng Van Der Wijck Gombong Kebumen dibangun pada tahun 1844 tidak seperti tulisan yang ada pada tembok bahwa benteng dibangun pada tahun 1818. hal ini dikemukakan oleh website kebumen2013.com dengan menyadur dari banyak sumber referensi dan pada salah satu foto tertulis di salah satu pintu benteng tahun 1844 - 1848 yang menunjukkan pembangunan bangunan ini selam 4 tahun. info lebih lengkap silahkan merujuk ke situs yang bersangkutan.

    Wisata Benteng Van Der Wijck

    tiket masuk benteng van der wijck tulisan ini dibuat yaitu september 2015 sebesar 25.000 rupiah. tiket ini termasuk terusan untuk masuk ke water park atau kolam renang yang dipatok dengan tarif 10.000 rupiah dan juga kereta wisata yang ada diatas benteng. jadi sekarang sudah diganti tiket terusan dengan biaya 25 ribu dengan menikmati kolam renang dan kereta atas benteng. adapun untuk wahana lain masih harus membayar lagi dengan tarif 10 ribu untuk masing-masing wahana seperti terapi ikan, kincir raksasa, becak air, bom bom car, kereta mini untuk mengelilingi benteng, komedi putar  serta kampoeng kuliner yang bisa dicoba. adapun untuk permainan gratis disediakan ayunan, roda putar, seluncuran, ayunan bersama, foto di tank dan meriam serta foto di replika berbagai binatang seperti dinosaurus, jerapah, badak dll.
    Benteng Van Der Wijk Gombong
    hotel wisata
    Benteng Van Der Wijk Gombong
    kampung kuliner
    Benteng Van Der Wijk Gombong
    replika raksasa dinosaurus
    Benteng Van Der Wijk Gombong
    water park
    Benteng Van Der Wijk Gombong
    becak air
    Benteng Van Der Wijk Gombong
    terapi ikan

    Cara Ke Benteng Van Der Wijck

    jika anda dari wilayah barat atau dari banjarnegara maka cara ke benteng van der wijk dapat melalui pasar mandiraja diteruskan ke waduk sempor kemudian menuju gombong. setelah itu anda akan melihat papan reklame benteng van der wijck sangat besar yang dapat mengawal anda untuk sampai ke benteng dengan mengikuti anak panah yang disediakan. adapun jika anda dari kebumen maka anda harus terus menuju karang anyar kemudian ke gombong dan jika sudah sampai kecamatan sumpiuh terus jalan dan akan terlihat papan reklame benteng ini, ikuti sesuai petunjuk diatas. Benteng Van Der Wijck juga pernah dipakai untuk membuat video klip slank, juga pembuatan reality show farah quinn serta tempat pembuatan film the raid 2 berandal.
    Benteng Van Der Wijk Gombong
    papan reklame benteng di jalan raya kebumen - yogyakarta
    Benteng Van Der Wijk Gombong
    tiket masuk
    demikian artikel Benteng Van Der Wijck Gombong Kebumen dna baca juga Cek Tagihan PLN di Android APK. selamat berlibur !

    Film Benteng Van Der Wijck

  • 6 komentar:

    1. wah benteng ini mang keceh hehe...

      BalasHapus
      Balasan
      1. selain itu benteng ini juga satu-satunya di indonesia dg bentuk octagonal (segi delapan)
        terima kasih sudah mampir

        Hapus
    2. Semua bagian dari angunan ini unik sekali seperti dari tatanan batu bata menjadi setengah lingkaran ruang-ruang, tidak ada kolom penyangga namun kuat sekali bahkan tingkat lantainya. Contoh lainnya atapnnya yang tersusun dari batu bata siku (bukan genteng)

      BalasHapus
      Balasan
      1. itulah sisi lain keunikan benteng van der wijck.
        terima kasih sudah berkunjung

        Hapus
    3. Saya baru mau kesana lagi nanti, terakhir dl th 2002 kesana. Apakah skrg tambah bagus.. kalau lebaran tiket masuk berapa gan?
      Apa pasti bakalan ramai pengunjung kah?

      BalasHapus
      Balasan
      1. kemungkinan ramai adapun tiket terakhir kesana 25rb

        Hapus

    Copyright @ 2013 Wisata Obyek Indonesia | Singapore | Tips Windows | Word | Photoshop | Coreldraw | Laptop